Kamis, 18 Juli 2013

Hati Perjanjian

Ibadah Raya Pagi, 14 Juli 2013
Words of God by Ps. Stefanus Sujono (Yogyakarta)
Hati Perjanjian
Rut 1:14-20
Di dunia ini banyak yang namanya hubungan. Ada hubungan pertemanan, persaudaraan, orang tua dan anak, dan lain-lain tetapi ada satu jenis hubungan yang memiliki kualitas tertinggi, yaitu Covenant (Perjanjian).

Ini adalah kisah seorang menantu yang memiliki spirit of excellence karena sekalipun dia disuruh pergi meninggalkan Naomi tetapi dia menolak. Ia tetap mendesak untuk ikut dengan serta dengan Naomi. Jelas-jelas Rut tahu kalau dia tidak memiliki masa depan yang cerah kalau dia ikut dengan Naomi karena Naomi sudah tidak memiliki apapun yang bisa diandalkan. Tetapi Rut tidak menghiraukan semua itu. Rut memiliki hati perjanjian walaupun dia adalah seorang wanita Moab.

Rut membuat perjanjian dengan Naomi : …………kemana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan dimana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam : bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku ; dimana engkau mati, aku pun mati di sana, dan di sanalah aku dikuburkan. Beginilah kiranya Tuhan menghukum aku, bahkan lebih lagi daripada itu, jikalau sesuatu apapun memisahkan aku dari engkau, selain daripada maut!”

Wooowwww luar biasa…….seorang wanita Moab yang tidak mengenal Allah Israel bisa memahami prinsip perjanjian. Bagaimana Rut bisa memahami prinsip tersebut?????
Rut melihat kehidupan keluarga Elimelekh, Naomi, Mahlon dan Kilyon. Dari keluarga inilah Rut mengenal dan memahami prinsip perjanjian.

Allah kita adalah Allah perjanjian, karena itu Alkitab kita disebut dengan Kitab Perjanjian……Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

Arti kata Rut adalah friendship (persahabatan).
Orang yang berhati perjanjian adalah orang yang berani melepaskan yang terbaik untuk orang yang mengikat perjanjian dengan dia.
Hati perjanjian selalu member yang terbaik, tidak menuntut dan tidak menghakimi.

Karena memiliki hati perjanjian Rut menjadi berkat bagi :
1.      Rut menjadi berkat bagi Naomi dan semua prempuan di Betlehem.
2.      Rut menjadi berkat bagi pasangannya (Boas).
3.      Rut menjadi berkat bagi keturunannya.
Rut melahirkan Obed….Obed memperanakkan Isai…..Isai memperanakkan Daud.
Dan Daud menjadi nenek moyang Sang Mesias (YESUS KRISTUS).

Luarrrrr biasaaaaaaaa…….dari seorang wanita Moab lahirlah Sang Mesias.
Yesus mau turun ke dunia melalui Rut karena wanita ini adalah wanita yang memiliki hati perjanjian.
Allah begitu menghargai perjanjian karena Dia adalah Allah Perjanjian.
Miliki hati perjanjian dan alami kehidupan yang excellent bersama dengan Tuhan.

GOD BLESS YOU ALL ^_^

By Tety


Tidak ada komentar:

Posting Komentar